Rabu, 16 Maret 2016

pariwisata purwakarta dan kuliner lezat purwakarta

1.Obyek Wisata Keluarga Situ Wanayasa Purwakarta

Obyek Wisata Keluarga Situ Wanayasa Purwakarta                                                                                                                                                                           Tempat wisata di Purwakarta yang selanjutnya adalah Situ Manayasa, letaknya berdekatan dengan curug Cipurut. Danau kecil dengan luas sekitar 7 Ha ini menjadi salah satu tempat bermain favorit di Purwakarta. Pemandangan sekitarnya sangat indah, anda bisa menikmati aneka permainan di sini. Anda bisa menikmati keliling danau dengan menaiki kapal bebek kayuh. Danau ini memiliki sebuah pulau di tengahnya.
Di palau situ ini terdapat makam pendiri Purwakarta, RA. Suriawinata. Di danau seluas 7ha ini pengunjung dapat naik sepeda air, memancing ikan bahkan warga sekitar menggunakannya untuk jogging.

2.Objek Wisata Menarik Waduk Jatiluhur di Purwakarta

Objek Wisata Menarik Waduk Jatiluhur di Purwakarta
Nah, ini dia yang kita sebutkan diawal tadi, waduk Jatiluhur. Waduk ini menjadi tempat wisata paling populer di Purwakarta yang wajib dikunjungi. Objek wisata yang merupakan muara sungai Citarum ini memiliki luas 8,3 ribu hektar dan menawarkan banyak sekali sarana rekreasi dan olahraga air, seperti: selancar angin, perahu layar, dayung, ski air, dll. Letaknya yang hanya 9 km dari pusat kota Purwakarta menjadikannya destinasi wisata air. Kamu bahkan dapat berkemah, menyewa bungalow, berenang, memancing  ataupun sekedar berkeliling waduk dengan menyewa perahu.

3. Wisata Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud Purwakarta

Wisata Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud Purwakarta 
Obyek wisata di Purwakarta yang tidak boleh anda lewatkan adalah Situ Buleud. Danau ini memiliki luas sekitar 4 ha saja. Tempat wisata ini memiliki air mancur yang mirip di Singapura yaitu di Taman Sri Baduga. Air Mancur di Taman Sri Baduga dilengkapi dengan unsur light effect dan api di atas air, dengan variasi gerakan yang disesuaikan dengan hentakkan irama musik. Jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat dan jika alunan musik lambat maka air mancur akan menari dengan gemulai. Berkunjunglah pada hari sabtu malam pada jam 20.00-22.00 WIB untuk menyaksikan light effectnya. Air mancur tersebut menambah keelokan situ sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan situ untuk hunting foto.                     

4. Tempat Wisata Jatiluhur Water World Purwakarta

Tempat Wisata Jatiluhur Water World PurwakartaSatu lagi tempat wisata favorit di Purwakarta yang masih disekitar waduk Jatiluhur, Jatiluhur Waterworld! Objek wisata ini adalah taman air bertema tematik (air) yang memiliki berbagai wahana seluncuran (waterslide) yang mengasyikan di mana Anda sekeluarga dapat bermain air sepuas hati, seperti meluncur dari ketinggian sampai tercebur di kolam renang yang luas. Untuk melengkapi kegembiraan anak-anak, tersedia pula fasilitas bagi anak-anak, yaitu Taman Bermain, yang pastinya akan menyenangkan mereka.    Lokasi:  Objek wisata Jatiluhur Koordinat : 6° 32′ 59″ S, 107° 19′ 54″ E

                                 

5.Tempat Wisata Alam Sumber air panas Ciracas Purwakarta

Tempat Wisata Alam Sumber air panas Ciracas Purwakarta
Objek wisata di Purwakarta yang tidak boleh anda lewatkan adalah sumber air panas Ciracas. Sumber air panas ini berjarak sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Sumber Air Panas Ciracas berlokasi di kaki bukit, dikelilingi oleh pepohonan dan hamparan sawah. Di sekitar lokasi, Anda bisa melihat hamparan perkebunan teh yang terlihat hijau di kiri kanan jalan sejak simpang empat Legokhuni menuju Desa Ciracas. Di tempat ini terdapat 12 titik sumber mata air panas, beberapa diantaranya berada diantara pematang sawah milik masyarakat. Mandi di sumber air panas tersebut dapat mengobati penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, dan lain sebagainya.

6.Tempat Wisata Giri Tirta Kahuripan di Purwakarta

Tempat Wisata Giri Tirta Kahuripan di Purwakarta 
Jika andai ingin menikmati liburan bersama pasangan atau ingin merasakan bulan madu yang romantis, Giri Tirta Kahuripan adalah pilihan yang tepat.
Disini anda bisa menikmati liburan yang menarik. Selain bersama pasangan, objek wisata Giri Tirta Kahuripan ini juga seru untuk liburan rame-rame, apakah bersama teman, saudara atau keluarga. Ada banyak wahana disini. Lokasinya ada di desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Tempat ini menyediakan tempat-tempat penginapan seperti vila maupun cottage dengan hawa yang sejuk dan pemandangan pegunungan yang sangat asri. Fasilitas yang terdapat di kawasan ini antara lain seluncur air, wahana sepeda air, lapangan futsal outdoor, ATV, restoran, Skypool, dan tempat penginapan. Fasilitas yang banyak dikagumi oleh pengunjung yaitu skypool. Skypool merupakan kolam renang yang berada di atas perbukitan. Sehingga seolah-olah kolam renang ini berada di langit dan kita dapat menyaksikan pemandangan yang mengagumkan di bawahnya.
     

7.Tempat Wisata Kuliner Kuliner sate Maranggi Purwakarta

Tempat Wisata Kuliner Kuliner sate Maranggi purwakarta
Di Purwakarata, ada kuliner khas yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu sate maranggi. Ada banyak sekali penjual sate meranggi, namun yang terkenalnya ada di Cibungur, Purwakarta, selalu ramai didatangi. Bahkan, banyak pengunjung dari luar Purwakarta yang ingin makan sate maranggi Cibungur.

8.Obyek Wisata Goa Jepang dan Belanda Purwakarta

Obyek Wisata Goa Jepang Purwakarta 
Tempat wisata sejarah di Purwakarta yang selanjutnya adalah Goa Belanda dan Gua Jepang. Goa ini dibangun pada 1942 oleh rakyat pribumi secara paksa yang terkenal dengan sebutan Romusha. Fungsi goa ini sebagai penyimpanan mesiu dan senjata sekaligus tempat radio komunikasi tentara Jepang.
Berlanjut ke Goa Belanda yang letaknya sekitar 800 meter dari goa Jepang, disana kita hanya melihat satu mulut goa besar namun dikanan-kirinya terdapat satu mulut goa yang lebih kecil dan berada lebih tinggi. Konon goa yang dibangun pada tahun 1941 ini awalnya berfungsi sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok, namun berubah fungsi menjadi pusat stasiun radio telekomunikasi militer Hindia Belanda saat terjadi perang kemerdekaan.

9. Tempat Wisata Alam Air Terjun Curug Cipurut di Purwakarta

Tempat Wisata Alam Air Terjun Curug Cipurut di PurwakartaTempat wisata alam di Purwakarta yang tidak boleh anda lewatkan adalah Curug Cipurut. Curug Cipurut berjarak 30km kota Purwakarta dan berada di kaki gunung burangrang. Wisata air terjun ini memiliki 3 curug: yangutama memiliki ketinggian sekitar 25m sedang dua lainnya lebih landai dan biasa dimanfaatkan untuk bermain seluncur. Untuk menuju tempat wisata Curug Cipurut Purwakarta ini sangat mudah dan dapat ditempuh menumpang angkutan pedesaan ataupun berjalan kaki dari terminal Wanayasa. Wisata Curug Cipurut sangat cocok untuk kegiatan kemping, berpetualang ataupun hanya sekedar foto-foto narsis.

10.Tempat Wisata Desa Sajuta Batu di Purwakarta

Tempat Wisata Desa Sajuta Batu di Purwakarta Anda ingin menikmati tempat wisata di Purwakarta yang tidak akan terlupakan? Desa sejuta batu adalah tempatnya. Tempat ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya jelajah desa dengan alam perbukitan dan sawah yang hijau, memancing, panjat tebing di gunung Parang serta olah raga offroad dan bumi perkemahan yang menarik. Lokasi ini palingh sering digunakan sebagai tujuan liburan pelajar dan anak muda atau fotografer panorama dan pre wedding.     

11.waduk cirata

bendungan terbesar di asia tenggara
Waduk Cirata. Berbentuk danau dengan luas 62 kilometer persegi ini, dikelilingi oleh bukit yang indah. Tempat yang direkomendasikan untuk wisatawan sebagai lokasi mancing yang seru ini jaraknya 15 kilometer dari kota Purwakarta dan dapat dikunjungi melalui wilayah Pleret. Konon PLTA Cirata adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan merupakan penampungan air dari sungai Citarum. Anda tertarik mengajak keluarga berekreasi di obyek yang indah ini?
wisata kuliner lezat purwakarta 

1.Simping Kaum

Simping Kaum
Simping Kaum
Buat kamu yang bingung mencari cemilan enak khas Purwakarta, coba saja simping kaum. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah jika kamu ingin mencicipinya maka kamu bisa datang ke jalan Mr.Dr. Kusuma Atmaja no.34.

2.Sate Maranggi

Sate Maraggi
Sate Maraggi
Berada di Purwakarta ada baiknya kalau kamu mencicipi kuliner enak disana. Misalnya saja sate maranggi. Sate ini terkenal cukup enak dan juga gurih. Itu sebabnya banyak pengunjung yang datang kesana. Apalagi harga yang ditawarkan untuk 10 tusuknya cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000,- Jadi nggak ada salahnya dong datang dan mencicipinya. Sate maranggi ini dapat kamu temukan di jalan Situ Wanayasa, Purwakarta , Jawa Barat.

3.Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta

Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta
Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta
Berada di Purwakarta, tepatnya di daerah jalan Raya Pondok Salam KM 10, Purwakarta maka ada baiknya kalau kamu mencoba mencicipi nasi liwet Ibu Dini tersebut. Ya, dibandrol dengan kisaran harga Rp.2000,- hingga Rp.40.000,- maka kamu sudah bisa mencicipi aneka menu yang tersedia disana. Tempat makan ini memang menyediakan nasi liwet sebagai menu andalannya, namun kamu juga tetap dapat memilih beberapa menu enak lainnya seperti nasi kabeulem dan juga nasi tutug oncom.

4.Aneka Pepes Ibu Ani

Aneka Pepes Ibu Ani
Aneka Pepes Ibu Ani
Buat kamu penggemar ikan, nah admin mau kasih tau tempat makan enak yang ada di Purwakarta. Salah satunya adalah rumah makan yang berlokasi di jalan Ir. H Juanda No.2 Purwakarta. Di rumah makan ini, Ibu Ani sang pemilik memang menyediakan aneka ikan pepes sebagai kulinernya. Jadi buat kamu yang suka dengan ikan maka kamu dapat mencicipi salah satu dari menu enak tersebut. Dan untuk harga yang ditawarkan dari menu kuliner ini adalah Rp. 2.000,- sampai dengan Rp.10.000,-. Harga yang murah bukan?

5.Ayam Goreng Kampung Sajolna

Ayam Goreng Kampung Sajolna
Ayam Goreng Kampung Sajolna
Nah kalau kamu termasuk orang yang suka makan daging, khusunya daging ayam maka tak ada salahnnya jika kamu mencoba menikmati ayam kampung Sajolna. Di jalan Letjen Basuki Rahmat 157 ini kamu bisa menemukan warung makan yang bernama warung nasi Sajolna. Tidak hanya ayam kampungnya saja, tetapi kalau kamu suka makan pedas maka kamu juga bisa mencicipi sambal dadakannya yang mantap. Harga untuk menu di warung Sajolna bervariasi mulai dari Rp.7.000,- hingga Rp.30.000,-
6. Peuyeum bendul

    Soal peuyeum, tak hanya Bandung yang punya. Purwakarta pun rupanya punya peuyeum Bendul. Dijual di sepanjang Jalan Raya Bendul. Dari Purwakarta, sekitar 15 km ke arah Bandung. Di sepanjang 1-2 km bagian jalan raya inilah, Anda akan menemukan dertan kios-kios yang menjual peuyeum dengan cara digantung
    Rasanya manis dan lebih padat. Berbeda dengan peuyem Bandung yang sedikit berair. Bedanya ternyata pada proses pemeraman di dalam keranjang bambu beralas daun pisang. "Kalau peuyeum Bandung biasanya 2 malam, kalau peuyeum Bendul hanya 1 malam. Lalu digantung sampai matang," jelas Ny. Yoyo (55 th), yang sudah berjualan sejak tahun 1992 itu.                                                  7.Surabi kedai Koka

    Meskipun usianya belum genap 1 tahun, serabi racikan kedai ini layak untuk dicicipi. Selain teksturnya lembut, rasa serabinya jugs gurih. "Adonannya kami buat dengan bahan tepung terigu, tepung beras dan kelapa," jelas Cecep (27 th), seorang karyawan Kedai Koka.
    Secara umum, hidangan ringan di kedai ini ada 3 jenis, serabi asin, manis, dan pisang bakar. Untuk serabi asin l pilihan toppingnya ada oncom, oncom spesial, telur, telur keju, ayam, ayam keju, sosis, telur keju spesial, dan masih banyak lagi.
8. RM soto sadang
    Ini nama soto yang kondang di Purwakarta. Awalnya, di tahun 80-an, rumah makan ini berlokasi di samping bawah jembatan yang menghubungkan Purwakarta ke arah Cikampek, melalui daerah Sadang. "Namun sejak bulan Agustus 2002 kami buka satu lagi dengan lokasi yang lebih mudah disinggahi," jelas Sugeng (26 th), yang membantu mengelola usaha ini.

9. RM. Hj.Ciganea
                                                                                                                    
    Ini kedai makanan khas sunda yang tak kalah sohor. Lokasinya di JI. Veteran no. 138. Telp (0264) 208409. Dari Purwakarta, arahnya menuju ke Cikampek. Meskipun nuansa dan menunya kental dengan atmosfir Sunda, namun penyajiannya cukup mengundang senyum. Pasalnya, semua hidangan akan langsung disajikan dengan piring bertumpuk, ala resto padang. "Memang beginilah gaya penyajian kami," jelas Muzani, salah seorang karyawan.
    Selain lebih praktis, menurutnya, pelayanan juga bisa dilakukan lebih cepat. "Jadi pengunjung tak perlu menunggu lama," imbuhnya.
    Jadi, begitu Anda datang, akan ditanya jumlah orang yang akan bersantap. Lalu dipersilakan duduk di meja yang dipilih. Selanjutnya, parade hidangan menggiurkan pun mulai berdatangan. Ada ikan mas goreng, pepes ikan mas, babat/usus goreng, sayur asem, cah kangkung, hingga cah selada air.
    Menu khas Sunda pun semakin terasa saat piring-piring berisi karedok dan pencok leunca disajikan.,
Selain itu, terdapat menu lain seperti nasi goreng dan minuman aneka jus buah.
    Semua hidangan ini ten­tunya disertai sambal dadak yang lezat. Sambal 1;1 terasi mentah yang sangat cocok untuk cocolan ikan goreng,tahu, tempe hingga petal goreng/bakar. Hidangan ini per porsi dijual dengan kisaran harga Rp 3 ribu-15 ribu. Kedai ini buka setiap hari sejak pukul 06.30 hingga pukul 21.00. Kapasitas pengunjungnya lumayan besar, mampu menampung 100 pengunjung

2 komentar: